Powered By Blogger

Senin, 26 November 2012

Apakah Medium Ikut Merambat Bersama Gelombang?



Gambar Gelombang Laut (ombak)
Pikirkanlah tentang gelombang laut. Gelombang-gelombang laut terus-menerus bergerak menuju pantai, satu gelombang setelah lainnya, siang dan malam. Bagaimana sederetan gelombang laut ini dapat melakukannya tanpa menyebabkan banjir pada pantai?
Alasannya adalah karena gelombang-gelombang ini secara nyata tidak membawa air laut ikut merambat bersamanya. Selama gelombang ini bergerak ke pantai, air laut bergerak naik turun tetapi tidak bergerak maju. Walaupun tampak seakan-akan air laut itu sendiri yang bergerak maju ke pantai, tetapi sesungguhnya tidak. Hanya gelombang yang bergerak maju. Dalam kasus ini, medium dari gelombang laut adalah air laut. Dengan demikian, kita katakan bahwa pada gelombang hanya usikan (atau gelombang) yang merambat (bergerak), sedangkan mediumnya tidak.
            Ketika gelombang merambat, gelombang tidak membawa partikel-partikel medium bersamanya. Jika demikian, apakah yang dibawa oleh gelombang ketika merambat dari satu tempat ke tempat lainnya? Sebuah gelombang laut (ombak) yang besar jika menghantam sebuah kapal layar kecil mampu merusak kapal tersebut. Peristiwa ini menunjukkan bahwa gelombang laut membawa energi.
            Adanya energi yang dibawa oleh gelombang laut (ombak) dapat kita rasakan ketika kita berdiri di tepi pantai menyambut gelombang laut (ombak) yang datang. Kita akan merasakan dorongan gelombang laut pada kaki kita. Itulah sebabnya para pesilat sering berlatih memperkuat posisi kuda-kudanya di tepi pantai.

Sumber:
Kanginan, Marthen. 2006. IPA FISIKA UNTUK SMP KELAS VIII. Cimahi: Penerbit Erlangga


2 komentar:

  1. postingannya bermanfaat sekali buat nambah2 referensi cocok banget. Emmm masukan ya, mending dutambah penjelasan mengenai macam2 gelombang agar lebih jelas aja. satu hal lagi, Partikel – partikel air hamya bergerak naik turun. Usikan merambat radial keluar dari permukaan air, dan secara intuisi menyatakan bahwa partikel-partikel juga bergerak radial keluar, tetapiter nyata tidak! Hanya usikanlah yang merambat radioal keluar.

    BalasHapus
  2. nice posting:) kalo copas dari sumber internet lain, harap dicantumkan agar sesuai dengan etika penulisan ilmiah..

    BalasHapus